Strategi market
Meskipun
saat ini banyak produsen lain yang menjual kerudung instant dengan
berbagai macam gaya dan merek, namun Rabbani tetap eksist karena
memiliki citra tersendiri yang tak pernah kehilangan konsumen, hal ini
terbukti dari jumlah cabang yang saat ini telah mencapai 136 yang
tersebar di seluruh Indonesia dan 1 cabang yang baru saja di buka pada
awal Ramadhan di Malaysia. Rabbani menargetkan, jumlah gerainya kelak
bisa mencapai 245 unit. Tidak hanya dari Indonesia, konsumen Rabbani pun
datang dari Negara jiran seperti Malaysia, Singapura, bahkan Hongkong.
Ada beberapa hal yang mendukung rabbani tetap eksist;
1. Selalu mengikuti perkembangan zaman.
Produk yang dihasilkan fashionable dan tetap syar'i dengan
mengedepankan trend dan model terkini, sehingga diminati dari anak-anak,
remaja, orang tua hingga manula.
2. Menggunakan nama unik, seperti
mengunakan merek mobil untuk produk yang dirilisnya. Sebut saja Innova,
X-trail, Vitara, Starlet, dan masih banyak lagi. “Ini kami lakukan
untuk memperbaiki citra kerudung yang kerap diasumsikan jelek,” tegas
Bapak Amry Gunawan.
3. Manajemen Jihad
Dalam manajemen jihad gaya Rabbani, diterapkan UMZ, upah minimun zakat.
Penghasilan karyawan disesuaikan dengan batas minimum jumlah pembayaran
zakat profesi. Agar mereka bisa menyisihkan uangnya untuk zakat.
Rabbani
juga menerapkan 3S, yakni syukur, shadaqah dan serius." Syukur menerima
berapa pun yang diberikan oleh Allah, banyak ataupun sedikit.
4. reSHARE
Dalam
perkembangan di aspek pemasarannya, Rabbani mengembangkan strategi
pemasarannya, selain Pemasaran langsung ke end user (konsumen), Rabbani
membina network pemasaranya itu membuka mitra dealer atau distributor
tunggal per kota/kabupaten dan mengembangkan network pengembangan
outlet / reSHARE (retail outlet shariah) Rabbani.
Rabbani
pun memiliki program bagi para calon pengusaha yang ingin mengikuti
jejak Rabbani dengan nama TEBAR RAHMAT yang merupakan kependekan dari
Ta’lim Bareng Rabbani Raih Manfaat.
5. Menambah kapasitas produksi
Sebagai
upaya untuk mendukung kesuksesan pengembangan strategi pemasaran yang
telah dibina serta untuk mengakomodasi permintaan pasar yang semakin
besar, Rabbani mengembangkan dan menambah kapasitas produksinya dengan
mendirikan 5 (lima) buah pabrik garmen yang menyuplai seluruh produk
rabbani, seperti kerudung sebagai produk utama, busana muslim seperti
gamis, tunik, T-shirt muslimah, koko, kazko, manset, dll. Kelima pabrik
tersebut bertempat di Bandung dengan kemampuan produksi 1 pcs kerudung /
2 detik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar